Bawaslu OKI Ajak Media Sukseskan Pemilu 2024

Fajarsumatera.com.OKI.Guna mencegah penyebaran berita hoax, menangkal isu SARA, politik uang hingga penyalahgunaan anggaran dalam pelaksanaan rangkaian Pemilihan Umum (Pemilu) ditahun 2024 mendatang. Untuk itu Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melalui kegiatan media ghatering mengajak awak media untuk aktif dalam menyebarkan informasi positif kepemiluan bagi masyarakat.

“Kita ingin, media ikut serta dalam menyukseskan Pemilihan Umum 2024 di Kabupaten OKI khususnya”, ucap Ketua Bawaslu OKI, Ihsan Hamidi, SAg MPd.I saat kegiatan media ghatering bertema “Peran media dalam mengawal tahapan pemilu serentak tahun 2024” yang dilaksanakan di Aula serba guna Hotel Cipta Kayuagung dengan mengundang dan menghadirkan para awak media, maupun narasumber sebagai pengisi acara, Rabu (23/11/2022).

Lebih lanjut Ketua Bawaslu Kabupaten OKI Ihsan Hamidi SAg MPd.I mengatakan media merupakan salah satu pilar demokrasi karena media massa yang bisa memberikan edukasi dan pengawasan secara jurnalistik dilapangan.

“Jadi apa saja yang diunggah oleh media, tentunya dapat mempengaruhi publik. Maka kami ingin mengajak rekan-rekan media untuk mengawal tahapan Pemilu 2024 di Kabupaten Ogan Komering Ilir dengan baik,”tuturnya

Menurut Ihsan Hamidi, media merupakan kelompok strategis yang memiliki daya dorong dan gerak untuk menyadarkan masyarakat khususnya di Kabupaten OKI yang diharapkan berperan mengawasi proses dan tahapan pemilu nantinya.

“Bawaslu memerlukan media, dan semoga hal ini menjadi titik awal memperbaiki demokrasi yang lebih baik dan mendapatkan komitmen yang lebih baik di legislatif dan eksekutif,” ujarnya.

Ia berharap dengan ikut serta media dalam memberitakan progres pemilu, publik bisa mengikuti dan paham dengan tahapannya.

Selain awak media, Ihsan juga mengajak masyarakat untuk mengawasi gerakan arus di media sosial. Jika ada konten yang melanggar, ada kampanye di luar jadwal, dan kampanye yang tidak berhak, bisa melaporkan ke bawaslu.

“Jadi kami bisa melakukan upaya pencegahan dan penindakan terlebih saat ini kami bawaslu sudah memiliki aplikasi sigap lapor,” terang Ihsan.

Kegiatan tersebut dihadiri para awak media baik yang tergabung dalam organisasi PWI OKI, IWO, PPWI, dan FORWAKI, juga Komisioner Bawaslu Kabupaten OKI Muhammad Kafrowi ST, Muhammad Fahrudin SH, Hadi Irawan SH.I MSi. (Aliaman)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *