Dinas PMD Tengah Mengkaji Pergantian Perangkat Desa Sumber Tani

Lampung Utara (RL) : Terkait pergantian perangkat desa yang terjadi di Desa Sumber Tani Kecamatan Abung Pekurun Dinas PMD Kabupaten Lampung Utara saat ini masih melakukan pengkajian dan pendalaman untuk sanksi terhadap oknum Kepala Desa yang didiuga telah melakukan tindakan kesewanang-wenangan atas jabatannya.

Sebagaimana dikatakan Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas PMD Lampung Utara, Ismirham Adi Saputra ketika dikonfirmasi mengatakan, terkait sanksi atas apa yang telah dilakukan kepala desa dengan telah melakukan pergantian perangkat desanya seperti yang terjadi di Desa Sumber Tani, Kecamatan Abung Pekurun sedang dalam proses pendalaman.

 

“Kalau secara umum yang pasti ketika melanggar aturan ada sanksinya, tapi sanksinya ya akan ditelaah lebih lanjut,” kata Ismirham Adi Saputra di kantornya, Rabu 19 Januari 2022.

Disampaikannya, untuk sanksi atas perbuatan Kepala Desa Sumber Tani, Kecamatan Abung Pekurun yang diduga telah melanggar Undang-undang Nomor 6 tahun 2014, Permendagri Nomor 67 tahun 2017 dan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Lampung Nomor 8 tahun 2016 atas tindakan penggantian sejumlah perangkat desa setempat, Ismirham Adi Saputra yang akrab dipanggil Adi ini menuturkan.

Sanksi yang akan diberikan kepada kepala desa itu akan dilihat dari tindakannya, apakah itu kelalaian atau kah memang disengaja ataukah memang tindakan yang sewenang-wenangan, lanjutnya.

Dalam hal pelanggaran ini, sambungnya, Dinas PMD Kabupaten Lampung Utara akan melakukan kajian lebih mendalam. Sebelumnya dia juga mengatakan yang seharusnya menjadi tugas utama dari 141 kepala desa yang baru dilantik beberapa waktu lalu itu melaksanakan program prioritas seperti pencapaian vaksinasi sebagaimana disampaikan Bupati Lampung Utara, H. Budi Utomo, SE, MM, sebelum dilakukan pelantikan.

Sebelumnya juga kita sudah mensosialisasikan tentang Permendagri Nomor 67 Tahun 2017 kemasing-masing desa yang ada di 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Utara, lanjut Adi. (AS/BD)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *