Hasil Seleksi Komisoner Bawaslu Anti Perempuan?

FAJARSUMATERA – Berbagai kalangan menyayangkan bahkan mengkritik Tim Seleksi (Timsel) Rekruitmen Komisoner Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Lampung yang tidak peka terhadap keterwakilan perempuan. Alhasil, hasil seleksi Timsel Zero Perempuan.

Suara lantang disampaikan oleh Politisi Perempuan asal PDI Perjuangan, Apriliati menyikapi hasil seleksi bawaslu zero perempuan. Padahal, ada 2 orang anggota timsel perempuan akan tetapi tidak mempunyai keberpihakan terhadap perempuan itu sendiri.

“Ya, Tim selnya Ada Perempuan tapi Out Put dari Proses itu zero Perempuan,” Ujar Apriliati.

Upaya umtuk mencapai kererwakilan perempuan minimal 30 Persen di Pemilu legislatif Tahun 2024 sepertinya belum satu tarikan nafas dengan Timsel Bawaslu.

“Ya tidak sejalan dengan UU Parpol dan PKPU yang imperatif mewajibkan 30 persen keterwakilan. Pasal 10 dan pasal 92 UU Pemilu Tahun 2017 kan sudah mengamanatkan, kok diabaikan,” Imbuh Apriliati yang juga sebagai pegiat Kaukus Perempuan Politik Indonesia Lampung.

Ditambahkan Apriliati, idealnya para penyelenggara pemilu seharusnya linier dengan semangat PUG dan mendorong keterwakilan 30 persen perempuan dengan menempatknan 30 persen juga para penyelenggara pemilu sampai tataran tingkat bawah.

“Menyedihkan, memalukan untuk Lampung yang sudah mentargetkan Indeks Pemberdayaan Gender,” Ujar April menyayangkan.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *