Way Kanan Marak Tambang Emas Ilegal

Aktivitas penambangan emas ilegal di kanan seolah tiada henti-hentinya disinyalir dari beberapa media massa beberapa waktu lalu telah beredar beredar di media sosial dan seolah-olah akan menjadi-jadi ketika tim investigasi DPC AWPI Way Kanan turun ke beberapa titik yang merupakan tambang emas ilegal , selasa (15/02/2022).

Ditemui di lokasi penambangan para penambang tak mampu berkata banyak ketika ditanya siapa pemilik tambang dan bagaimana ijin dari pelaksanaan tambang tersebut.

“Tidak tahu mas, kami cuma kerja disini”jelas salah satu penambang.

lambang enggan menyebutkan nama, begitu pula dengan rekan kerja lainnya, seolah acuh dan tak mau memberikan keterangan.

Tampak terlihat di lokasi yang penuhi oleh kebun karet tersebut telah ada sebuah eskavator ukuran dan 1 unit mesin ukuran besar dengan beberapa orang mekanik dari luar way kanan.

Diketahui tak hanya di 1 titik saja penambangan emas secara ilegal dilakukan oleh oknum tak bertanggungjawab yang berakibat kerusakan lingkungan yang belum teratasi hingga saat ini, serta puluhan nyawa melayang akibat kecelakaan karena tidak adanya peralatan keselamatan memadai.

Ketua DPC AWPI Way Kanan Agus Medi prihatin atas apa yg terjadi di Bumi Ramik Ragom yang sekarang sedang menggalakkan wisata alamnya namun dilain sisi ada oknum-oknum yang merusak lingkungan tidak ditindak.

“Kami minta pemerintah Kabupaten Way Kanan untuk menindak atas kerusakan alam yang disebabkan oleh ilegal ini, begitu juga dengan aparat penegak hukum yang memang telah memberikan tambang bantuan.” tegas Medi.

(*)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.