MTQN ke-53 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2022 Resmi Dibuka

MTQN ke-53 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2022 Resmi Dibuka/Istimewa

Fajarsumatera – Iring-iringan pawai Ta’aruf para kafilah Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) yang berasal dari 25 Kecamatan memeriahkan pembukaan MTQN ke-53 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2022 di Desa Rahuning I Kecamatan Rahuning, Senin (14/02/2022).

Kemeriahan pembukaan MTQN ke-53 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2022 ini ditambah lagi dengan kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Asahan yakni Bupati Asahan H. Surya, BSc bersama dengan Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si, Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Dandim 0208/Asahan, Kapolres Asahan, para Asisten, Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan , Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan dan Ketua Dharma Wanita Kabupaten Asahan ditengah-tengah para kafilah MTQN ke-53 Tingkat Kabupaten Asahan yang sedang melakukan pawai ta’aruf.

Beliau juga melambaikan tangan kepada para kafilah untuk memberikan semangat kepada para kafilah yang akan bertanding di MTQN ke-53 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2022.

Setelah usai mengikuti parade Bupati Asahan bersama rombongan menuju lokasi pelaksanaan MTQN ke-53 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2022 di SD Negeri 013832 Rahuning Desa Rahuning Satu Kecamatan Rahuning untuk membuka secara resmi pelaksanaan MTQN tersebut.

Dalam pembukaan ini Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Buwono Prawana SIP, M. Si sebagai Ketua Panitia Pelaksana MTQN ke-53 Tingkat Kabupaten Asahan melaporkan, dasar kegiatan ini adalah Surat Keputusan Bupati Asahan Nomor 16.1-BAG.KESRA/2022, Tanggal 28 Januari 2022 tentang pembentukan panitia dan penyelenggara MTQ ke-53 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2022.

Buwono juga melaporkan pelaksanaan MTQN ke-53 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 14-19 Januari 2022 yang diikuti oleh 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan dengan jumlah peserta sebanyak 919 orang, terdiri dari 480 putra dan 439 putri dengan rincian sebagai berikut.

Untuk cabang Tilawah Al-Qur’an Golongan Dewasa Putra/Putri 46, Golongan Remaja Putra/Putri 49 orang, Golongan Anak-anak Putra/Putri 49 orang, Golongan Tartil Putra/Putri 42 orang, Golongan Cacat Netra Putra/Putri 02 orang

Cabang Hifzil Qur’an untuk katagori Golongan 1 Juz dan Tilawah Putra/Putri 49 orang, Golongan 5 Juz dan Tilawah Putra/Putri 46 orang, Golongan 10 Juz Putra/Putri 43 orang, Golongan 20 Juz Putra/Putri 17 orang, Golongan 30 Juz Putra/Putri 09 orang, Golongan Tafsir Al-Qur’an terdiri dari 3 bahasa (Arab, Indonesia dan Inggris PA/PI) 08 orang

Sedangkan Cabang Hifzil Hadits Golongan 100 Hadits Bersanad Putra/Putri 19 orang, Golongan 100 Hadits Tanpa Sanad Putra/Putri 13 orang.

Cabang Khattil Qur’an Golongan Naskah Putra/Putri 44 orang, Golongan Dekorasi Putra/Putri 37 orang, Golongan Hiasana Mushaf Putra/Putri 46 orang, Golongam Hiasan Kontemporer Putra/Putri 27 orang. Cabang Fahmil Qur’an Putra 69 orang, Cabang Fahmil Qur’an Putri 63 orang.

Cabang Syahril Qur’an Putra 66 orang, Cabang Syahril Qur’an Putri 72 orang. Cabang Qira’ah Sab’ah Mujawad Golongan Dewasa Putra/Putri 13 orang, Golongan Remaja Putra/Putri 15 orang. Cabang Qira’ah Sab’ah Murotal Golonga Dewasa Putra/Putri 13 orang, Golongan Remaja Putra/Putri 17 orang dan yang terakhir Cabang Karya Tulis Al-Qur’an Putra/Putri 20 orang.

Menutup laporannya Buwono mengajak untuk bersama-sama mematuhi Prokes dalam melaksanakan MTQN ini. Seperti kita ketahui penyebaran covid-19 hanya dapat diatasi apabila kita mendisiplinkan diri kita sendiri dan membudayakan penerapan Prokes dalam kehidupan kita sehari-hari, sebagai upaya pencegahan covid-19.

Dikesempatan ini juga Ketua DPRD Kabupaten Asahan H. Baharuddin Harahap, SH, MH mengatakan mari kita jadikan MTQN ini sebagai pondasi untuk menjadikan masyarakat terutama generasi muda senantiasi melakukan perubahan kearah kebaikan serta mewujudkan cita-cita sebagai generasi penerus bangsa yang Qur’ani, mampu menyaring berbagai dampak negatif kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tak selaras dengan kandungan Al-Qur’an, perkembangan teknologi informasi yang sedemikian rupa telah menyebabkan perubahan prilaku dan membawa perubahan pada pola pikir dan tindak kita sebagai makhluk sosial .

Baharuddin juga mengatakan pelaksanaan MTQ sejatinya adalah berlomba untuk menunjukan kualitas terbaik dalam seni membaca Al-Qur’an namus kita juga harus berlomba untuk menjadi yang terbaik akhlak dan prilakunya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum mengakhiri sambutannya Ketua DPRD Kabupaten Asahan kembali menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Asahan untuk mematuhi Prokes untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 dan variannya.

Sementara Bupati Asahan H. Surya, BSc pada pidatonya mengatakan, tahun ini pelaksanaan MTQN adalah tahun ke 12 sejak kami gagas bersama Almarhum Drs. Taufan Gama Simatupang, MAP. Ini berarti MTQN telah dilaksanakan 12 Tahun.

Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang terus berusaha meningkatkan kualitas pembangunan khususnya bidang keagamaan.

“Khusus kepada para Camat dan Kepala Desa/Lurah, untuk tetap mendukung sepenuhnya pelaksanaan seluruh kegiatan berbasis keagamaan, jangan hanya sekedar serimonial sehingga hanya menghasilkan sedikit nilai atau bias sama sekali,” ucap Bupati Asahan.

Bupati Asahan juga berharap kedepannya, penyelenggaraan MTQN harus terus dilaksanakan mulai dari Desa/Kelurahan dengan bantuan Pemerintah atau hanya prakarsa/inisiatif masyarakat sendiri.

Kemudian Bupati berharap kepada seluruh kafilah dapat menampilkan kemampuan terbaik, sehingga pada akhir pelaksanaannya nanti kita akan mendapatkan peserta terbaik dari Kabupaten Asahan. Dan peserta terbaik tahun ini akan menjadi Duta Kabupaten Asahan pada event MTQN tingkat Provinsi.

“Pada tahun lalu, Kabupaten Asahan berada diposisi 14, dan pada tahun ini kita targetkan posisi 3 besar di Tingkat Provinsi Sumatera Utara,” harap Bupati.

Mengakhiri pidatonya Bupati Asahan menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi Prokes, ini tidak hanya himbauan Pemerintah, tetapi juga anjuran agama dalam menjaga kebersihan dan kesehatan. Pada kesempatan ini Pemerintah Kabupaten Asahan juga menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan di mimbar utama MTQ, bagi masyarakat yang belum vaksin dapat melakukan vaksin di Pos Pelayanan Kesehatan, ini semua bertujuan untuk menghentikan penyebaran covid-19.

Diakhir kegiatan Bupati Asahan, Wakil Bupati Asahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan dan tamu undangan menekan tombol sirine menandakan MTQN ke-53 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2022 resmi dibuka dilanjutkan dengan pelepasan balon yang di ikuti oleh Ketua TP PKK Kabupaten Asahan dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Asahan

 

Reporter : KMF  

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.