MKKS SMK Kabupaten Way Kanan Menggandeng LPP Aero Astra Akademia Untuk Links And Match

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Way Kanan Mengandeng Lembaga Pendidikan Perhotelan (LPP) Aero Astra Akademia dan Lampung Motor untuk mendukung program link and match di dunia pendidikan di Lampung.
Kerjasama yang dituangkan dalam Perjanjian Memorandum Of Undertanding dan ditandatangani oleh masing masing Kepala Sekolah SMK Negeri maupun swasta yang ada di Kabupaten Way Kanan. Kegiatan berlangsung di Aula Gedung SMKN 1 Negeri Batin Way Kanan, belum lama ini.
“SMK sebagai pendidikan vokasi dan industri harus benar-benar link dan match. Jika diibaratkan hubungan asmara, hubungannya harus sampai menikah, menghasilkan banyak anak yang sama-sama diakui,” kata Bambang Irawan S.Pd I Ketua MKKS SMK Kabupaten Way Kanan.
Menurutnya kerjasama dengan dunia usaha/dunia industri (DUDI) jangan hanya sebatas seremonial tanda tangan MoU, lalu sudah merasa link and match. “Tetapi lebih lanjut harus diikuti oleh kegiatan-kegiatan kolaborasi dan sinergis yang saling menguntungkan dan sampai menghasilkan SDM unggul dan kompeten.” Katanya.
Ahmadi S.E.S.Pd Kepala Sekolah SMKN 1 Negeri Agung menambahkan bahwa kerjasama ini dimaksudkan supaya peserta didik betul betul memiliki kesiapan diri sebelum memasuki dunia kerja nantinya.
“Dalam kerjasama ini kami menyelaraskan kurikulum DUDI yang kemudian akan diterapkan kepada peserta didik. Pada akhirnya begitu lulus nanti siswa benar benar siap untuk bekerja sesuai dengan kebutuhan pasar,” Kata Ahmadi.
Pada kesempatan tersebut Denny Primawan SE.MM direktur LPP Aero Astra Akademia mengatakan sebagai dunia industri dan dunia usaha LPP Aero Astra Akademia ingin membantu saling bersinergi dalam program Link and Match.
“Melalui program pernikahan massal, SMK dan industri akan bersama-sama merancang kurikulum, pembelajaran, praktik kerja industri, sehingga nantinya akan menghasilkan lulusan tenaga kerja yang siap dipakai industri,” kata Denny
Tidak itu saja, Kata Denny kita berharap kerjasama ini bisa langgeng dan bisa terus membuahkan “anak” dari hasil kawin missal ini untuk menghasilkan sumber daya manusia memiliki kompetensi yang tinggi untuk memasuki dunia industri.
“Kerjasama ini juga diarahkan bagaimana supaya para peserta didik saat lulus nanti mampu mandiri menjadi wira usaha yang tangguh untuk mewujdukan perekonomian yang terstruktur dan berbasis kerakyatan,” kata Denny.
Kegiatan Sosialisasi dan Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) diikuti SMKN 1 Banjit, SMKN 1 Baradatu SMKN 1 Blambangan Umpu, SMKN 1 Buay Bahuga,SMKN 1 Bumi Agung,SMKN 1, Gunung Labuhan, SMKN 1 Negara Batin, SMKN 1 Negeri Agung,SMKN 1 Pakuan Ratua,SMKN 2 Banjit,SMKS AL Fajar Kasui, SMKS Nurul Hidayaha,SMKS Raudlatul Muta Allimin, SMKS Tunas Wiyata,SMKS YP 17 Baradtu.(*)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.