Sinergitas Pemimpin Kunci Waykanan Unggul dan Sejahtera

Drs. Ali Rahman, Wakil Bupati Waykanan saat memaparkan kunci unggul dan sejahtera Kabupaten Waykanan pada gelaran Talkshow Eksklusive bersama FSTV Media. (Foto Habibi)

Dalam rangka Kemajuan Way Kanan yang Unggul dan Sejahtera sinergitas Para pemimpin di Kabupaten Way Kanan sangat diharapkan yang mana kita ketahui bersama tercermin dalam rangkaian diskusi interaktif yang ditayangkan pada media sosial streaming Fajar Surya Televisi dari hari rabu (02/02/2022) kemarin hingga hari ini, kamis (03/02/2022).

Sehari sebelumnya Letkol Inf. Anak Agung Gede Rama, CP, S.Sos., M.Tr. (Han) Komandan Kodim 0427/ Way Kanan bersama Drs. Rinaldi, M.M s (Kepala Dinas Koperasi dan UKM Way Kanan) dan Taufik Hidayatno, S.STP, M.Si (Kepala Dinas Pariwisata  Pemuda dan Olahraga) sangat menginginkan Way Kanan lebih Maju, dimana begitu banyaknya sumber daya alam di way kanan yang harus digali dan di kembangkan begitu juga Sumberdaya Manusianya pun mesti ditingkatkan hal tersebut disampaikan Dandim 0427/WK.

“Way Kanan punya potensi besar Sumber Daya Alamnya yang banyak dan ini perlu di kembangkan, namun kita juga perlu mendorong Sumberdaya Manusianya agar lebih baik lagi”. ungkap Dandim.

Senada dengan Dandim 0427/WK, Kepala Dinas Koperasi menginginkan peningkatan taraf hidup melalui ekonomi kreatif UMKM yang hingga saat ini sudah sudah kurang lebih 6000 an yang sudah terdaftar dan perlu pembinaan dan dukungan agar bisa berkembang.

“Ya, sudah sekitar 6000 lebih UMKM yang terdaftar di way kanan ini, dan ini mesti kita dukung juga perlu pembinaan agar bisa meningkatkan pendapat, dalam rangka pemulihan Ekonomi, ujar Rinaldi.

Masih di lokasi yang sama, Taufik Hidayatno, S.STP, M.Si (Kepala Dinas Pariwisata  Pemuda dan Olahraga) berpendapat sama dengan Dandim, dilihat dari segi pariwisata way kanan memiliki destinasi wisata yang luar biasa sehingga dijuluki kabupaten 1000 air terjun.

“Way kanan memang terkenal dengan 1000 air terjun, ini menjadi pr kita bersama agar potensi alam ini bisa dikembangkan lagi dan bisa menjadi sumber pendapatan daerah dan juga masyarakatnya akan tetapi ini pun harus ditata dengan baik yang tentunya tak lepas dari segi keamanan juga agar dapat menarik pengunjung.” ucap Topik.

Pada waktu yang berbeda di Ruang Kerjanya Wakil Bupati Way Kanan Drs. Ali Rahman, M.T. dalam diskusi interaktifnya mengatakan, bahwa salah satu upaya pemerintah untuk mensejahterakan petani di kabupaten Way kanan saat ini iyalah dengan memberikan pupuk bersubsidi yang bisa memberikan keuntungan kepada petani 2x lipat dibanding menggunakan pupuk non subsidi.

Dirinya pun berharap UMKM di wilayahnya bisa lebih maju dan menjamur hal ini dipandang perlu demi menunjang program ekonomi kerakyatan agar pendapatan masyarakat di way kanan bisa meningkat.

“Saya berharap agar UMKM yang kita bina sekitar 6000 lebih ini bisa lebih ditingkatkan lagi baik kualitasnya maupun produktifitasnya, kalau bisa diperbanyak lagi karena segala jenis usaha dibawah 1 m bisa masuk UMKM, bahkan tukang sate gak boleh kita larang untuk berdagang” tegas Ali Rahman.

Usai diskusi interaktif tersebut, Wakil Rakyat Way Kanan yang dijadwalkan dengan Ketua DPRD berhalangan hadir digantikan dengan 2 anggota DPRD Sairul Sidiq dan Abu Rizal membahas tentang urgensi pengesahan tiga Raperda tetap berlangsung dengan lancar.

Habibi/ Hendri

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.