Pansus LHP BPK Sorot Kualitas IT Dinkes

Bandar Lampung – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung menggelar rapat paripurna penyampaian hasil pemeriksaan (LHP) BPK RI Perwakilan Provinsi Lampung atas laporan kinerja atas upaya pelaksanaan vaksinasi covid – 19 tahun anggaran 2021 pada pemerintah provinsi Lampung di Bandar Lampung dan instansi terkait lainnya dan pemeriksaan kinerja penyelenggaraan pendidikan vokasi berbasis Kerjasama industri dan dunia kerja dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing tahun anggaran 2020 sampai dengan semester I 2020 pada pemerintah provinsi Lampung di Bandar Lampung dan instansi terkait lainnya.

Rapat Paripurna yang digelar di ruang sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung turut dihadiri oleh Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, Ketua DPRD Provinsi Lampung, Mingrum Gumay, SH. MH, serta Forkopimda, Rabu (2/2/2022).

Juru bicara Panitia Khusus (Pansus) Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, DPRD Provinsi Lampung, Budhi Condrowati mengatakan, pihaknya merekomendasikan beberapa hal pada dinas kesehatan Provinsi Lampung, salah satunya anggaran penanganan Covid-19 harus berbasis kinerja dan kebutuhan.

“Anggaran penanganan covid-19 adalah alokasi anggaran yang harus berbasis kinerja program dan kebutuhan. Kedepan perubahan belanja pada organisasi perangkat daerah (OPD) akan disampaikan pada lembaga DPRD atau komisi terkait,” ujar Budhi.

Budhi Condrowati juga mengatakan, Dinas Kesehatan harus meningkatkan kapasitas dan kualitas teknis tenaga IT agar pendataan lokasi pengiriman atau pendistribusian vaksin update.

Kemudian Dinkes juga harus segera membuat dokumentasi kertas kerja tentang perhitungan perencanaan alokasi vaksin dan logistik dengan menggunakan data yang akurat, untuk ketersediaan vaksin data penerimaan logistik kabupaten/kota.

“Jumlah sasaran wilayah kabupaten/kota, lalu data transaksi kabupaten/kota terbaru baik kebutuhan 1 dan 2, vaksin kedaluwarsa dan data jenis vaksin berdasarkan kategori sasaran tertentu,” ungkapnya.

Dalam Rapat Paripurna tersebut, Pansus juga mendukung penuh usaha Dinas Kesehatan dan jajaran dalam upaya menekan tingginya laju pandemi Covid-19.

(Reporter/Raply/Nanda)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.