Kades Sukamaju Terancam Diberhentikan

Berhembus kabar dimana seorang Kepala Kampung (Kakam) Suka Maju, Kecamatan Bumi Agung, Way Kanan akan di laporkan ke Bupati Way Kanan terkait pemilihan Perangkat kampung (perkamp) di wilayahnya, selasa (25/01/2022).

Menurut informasi yang diterima hari minggu (16/01/2022) lalu, Kepala Bagian Hukum pemkab way kanan Aris Supriyanto mengatakan bahwa pihaknya sudah menginstruksikan Dinas PMK untuk mengumpulkan kembali bukti terutama sk pelantikan pada hari jumat (21/01/2022).

“Jika SK tidak berdasarkan rekomendasi maka secara formil penetapan perangkat kampung tidak sah, tidak ada toleransi tentang itu karena hukum itu Hitam dan Putih.” tegas Aris Supriyanto.

Kabag Hukum Pemkab Way Kanan juga menyampaikan bahwa jika bertentangan dengan aturan yang berlaku, akan ada indikasi bertentangan dengan kewajiban kakam khususnya tidak mentaati dan menegakkan peraturan dan menyelenggarakan administrasi penyelenggaraan yang baik, ancamannya adalah teguran, pemberhentian sementara dan pemberhentian selamanya.

Kasus dugaan menyalahi aturan dan curang dalam pemilihan Perangkat Kampung di kampung Suka Maju, Kec. Bumi Agung, Kab. Way Kanan, terendus oleh calon Perkamp dan warga yang mengetahui, dimana penilaian peringkat dalam pemilihan tersebut tak digubris oleh Kakam setempat dan mengeluarkan SK secara sepihak kepada calon perangkat desa yang nilainya tak masuk nominasi sehingga calon perkamp yang mendapatkan peringkat pertama merasa kecewa dan dirugikan.

Disisi lain Kepala dinas PMK Ixuan Ahmadi sependapat dengan Kabag Hukum Pemkab Way Kanan, dikarenakan kakam tidak mentaati peraturan perundang-undangan maka Kakam akan diberikan sanksi.

“Maka Kakam akan diberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.” pungkas Ixuan.

Diketahui saat ini kepala Kampung tersebut sedang di proses oleh pihak inspektorat, dimana masyarakat saat ini menginginkan agar Pihak Inspektorat dapat Tegak lurus dalam koridor Hukum yang berlaku.

Habibi/Hendri.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.