Pengelolaan DAK Diknas Lampura, tunggu petunjuk dari pusat

 

KOTABUMI,FS- belum adanya aturan resmi dari Pemerintah Pusat, dalam sistem pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik reguler bidang pendidikan Kabupaten Lampung Utara tahun 2022 membuat Diknas Lampura belum dapat memastikan kapan kegiatan DAK tersebut dapat dilaksanakan.

“Kita masih menunggu petunjuk dari pusat terkait operasional DAK pendidikan, sampai saat ini masih belum terbit. Kita belum tau, apakah akan kembali dikerjakan oleh pihak ‎ketiga atau kembali ke sistem swakelola,” ujar Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana bidang SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara, Edyson, ST.MT. senin (24/1/2022).

Dijelaskan Edyson, kendati Demikian, Diknas Lampura telah menyiapkan langkah antisipasi, seperti tetap menggunakan sistem kontraktual alias dikerjakan oleh pihak ketiga. Dengan demikian, Diknas Lampura tak akan lagi kelabakan jika memang sistem yang sama masih akan digunakan.

‎”Ya. jika sistemnya masih menggunakan sistem lama (kontraktual) pengelolaan DAK SD, hal tersebut telah kita antisipasi, dan kami tinggal mengundang prusahan ( pihak ketiga) Namun jika dilakukan Secara swakelola, nanti biar kepala sekolah dan Komite sekolah yang melaksanakan kegiatan tersebut,” ujar nya

Dari sekitar Rp11,5 M‎ DAK SD, pengadaan Teknologi Informasi, dan Komputer atau TIK memperoleh porsi terbesar dalam penggunaan DAK tersebut. Pengadaan TIK itu akan diberikan untuk sekitar 55 SD yang tersebar di Lampung Utara.

“Kalau anggaran untuk proyek pembangunan yang bersumber dari DAK hanya sekitar Rp4,5 miliar saja,” terangnyam

Rp 4,5 M itu ‎akan dialokasikan untuk meningkatkan kualitas 18 gedung SD yang ada di daerahnya. Ke-18 paket proyek itu nantinya akan menggunakan sistem lelang dan sistem pengadaan langsung.

“Rencananya, ada delapan paket proyek yang akan menggunakan sistem pengadaan langsung tahun 2022 ini,” Pungkasnya.(R)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.