Ini Strategi Khusus Lapas Kelas B Way Kanan Cegah Gangguan Keamanan

 

Dalam rangka pencegahan Potensi gangguan keamanan dan ketertiban di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Way Kanan, Kepala Lapas Syarpani, A.Md.IP, SH, MH menginstruksikan jajarannya untuk melakukan rolling gembok dan kunci kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), senin (24/01/2022).

Perhatian khusus tersebut dilakukan mengingat peningkatan jumlah WBP, kondisi lapas yang mengalami over kapasitas menjadikan risiko terjadinya kerawanan berupa pelarian WBP kian mungkin terjadi sewaktu-waktu.

“Kami secara rutin dan insidental melakukan pengecekan kondisi gembok dan kunci kamar sekaligus melakukan rolling untuk mencegah penduplikasian kunci yang bisa berakibat pelarian WBP.” ujar Syarpani.

Kalapas juga mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari komitmen bersama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI serta perintah langsung Kepala Divisi Pemasyarakatan, Farid Junaedi kepada lapas/ rutan di Lampung sebagai upaya deteksi dini.

“Gangguan keamanan dan ketertiban merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi di lapas/rutan. Hal ini tentunya menjadi perhatian, khususnya di Lapas Way Kanan. Dirjen PAS dan Kadivpas Lampung selalu mengingatkan deteksi dini setiap waktu”, tegas Syarpani.

Di lain sisi, Kepala Kesatuan Pengamanan Ferdi Anggriawan mengungkapkan bahwa langkah pengamanan rolling kunci terbukti cukup efektif demi mencegah WBP kabur dari Lapas.

“Alhamdulillah langkah strategis tersebut cukup membantu menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif, aman, dan terkendali,” ungkap anggi.

Hendri/ Habibi

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.